Memilih Catok Rambut: Perbedaan Keramik, Tourmaline dan Titanium

Catok rambut saat ini merupakan sebuah alat kosmetik yang wajib dimiliki oleh wanita. Alat yang sudah ada sejak tahun 1909 ini penggunaannya cukup mudah dan cepat dalam menata rambut baik untuk meluruskan atau mengkeriting sehingga menjadikan alat yang satu ini laku keras di pasaran.

Jika saat ini kamu berencana membeli catok rambut, kamu akan menemukan berbagai macam-macam jenis catok rambut. Mulai dari harga puluhan ribu sampai jutaan rupiah tersedia di toserba, toko peralatan salon maupun toko online. Bentuk, fitur dan kualitas yang ditawarkan tentu juga berbeda dan membuat susah dalam memilih.


Salah satu perbedaan dari catok rambut yang sering jadi pertanyaan adalah jenis dari lapisan pemanasnya. Apa sih bedanya Keramik, Tourmaline dan Titanium pada lapisan pemanas catok rambut? Perbedaaannya adalah pada intensitas atau jumlah dari ion-ion negatif dan far infrared (sinar infrared jauh) yang dipancarkan dari material tersebut.

Ion Negatif:
Kita tidak akan membahas apa itu ion positif dan ion negatif disini, jika kamu ingin mengetahui lebih dalam soal apa itu ion, silahkan baca artikel di Wikipedia. Kembali ke masalah rambut: Apakah semakin banyak ion negatif yang dipancarkan dari catok rambut akan semakin bagus untuk rambut? jawabannya adalah Ya! Rambut yang terpapar radikal bebas, panas yang berlebihan ataupun listrik statis menyebabkan atom-atom rambut kehilangan elektron sehingga terbentuklah ion positif yang menyebabkan rambut rusak. Ion negatif yang terpancar dari catok rambut akan menetralkan ion-ion positif dan mengembalikan bentuk rambut kamu menjadi halus, sehat dan bersinar.

Far Infrared (Infrared Jauh):
Setiap catok rambut yang elemen pemanasnya dilapisi oleh keramik, tourmaline ataupun titanium bisa memancarkan far infrared. Sinar yang tak tampak di mata ini bisa menghantarkan panas dari catok rambut masuk ke dalam batang rambut dengan lembut dan merata sehingga rambut tidak rusak. Jika kamu ingin mengetahui apa itu far infrared silahkan baca artikel berikut ini.

Keramik

Bahan keramik pada pemanas catok rambut sangatlah populer di masa lalu. Panas dari elemen pemanas catok bisa merata di setiap permukaan keramik sehingga tidak merusak rambut. Berhati-hatilah dalam penggunaan catok rambut yang menggunakan keramik karena keramik bisa retak jika kamu mengkatupkan catok dengan kasar.

Walaupun saat ini kepopuleran lapisan keramik kalah oleh tourmaline namun masih banyak orang yang masih suka menggunakan catok rambut jenis ini, terutama yang elemen pemanasnya batang keramik murni bukan hanya lapisan tipis.

Pancaran ion negatif dari keramik tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan bahan lain seperti tourmaline atau titanium, namun jika rambut kamu tipis dan sudah lurus alami, catok dengan bahan keramik sudah cukup aman dan nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Tourmaline

Catok rambut dengan lapisan tourmaline sangat populer saat ini. Tourmaline adalah batuan semi-berharga yang bisa memberikan pancaran ion negatif yang sangat tinggi sehingga rambut bisa lembut dan halus dengan cepat. Selain pancaran ion negatif yang tinggi, permukaan tourmaline juga lebih licin daripada lapisan keramik. Pada umumnya material Tourmaline ini dihancurkan kemudian digabungkan atau dilapiskan di atas keramik karena tidak dapat digunakan secara langsung di elemen pemanas.

Semakin tebal lapisan tourmaline, semakin banyak pancaran ion-nya. Begitu juga harga catok rambut akan semakin mahal. Namun jika kamu adalah seseorang yang sibuk dan ingin selalu cepat dalam menata rambut, catok rambut dengan tourmaline sangat direkomendasikan untuk dibeli.

Titanium

Catok rambut dengan lapisan pemanas titanium adalah yang paling mahal, selebrity hollywood biasa menggunakan catok jenis ini. Pancaran ion negatif dan far infrared nya paling tinggi jika dibandingkan material lain. Titanium adalah logam yang sangat cepat menghantarkan panas sehingga pengguna catok ini kebanyakan adalah para penata rambut professional. Namun banyak produsen catok yang menggabungkan titanium ini dengan tourmaline dan keramik untuk mendapatkan efek yang lebih baik dan aman digunakan oleh siapa saja.

Jika kamu ingin rambut super lembut dan indah dengan cepat, cobalah menggunakan catok rambut dengan bahan lapisan pemanas titanium. Tentu saja kamu harus merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan catok model ini.

Lapisan jenis lain?

Sebenarnya ada juga catok rambut yang menggunakan aluminium sebagai lapisan pemanasnya, dan sangat tidak merekomendasikan kamu membeli catok yang seperti ini walaupun harganya cukup murah. karena permukaannya relatif kurang halus dan bisa berbahaya untuk rambut.

Itulah perbedaan dari lapisan-lapisan pemanas catok rambut. Semoga artikel ini berguna bagi kalian yang ingin membeli catok rambut. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman. Salam cantik!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar